Individu, Keluarga, dan Masyarakat

Individu adalah unit terkecil dalam pembentukan masyarakat.dalam ilmu social individu berarti juga bagian terkecil darikelompok.contohnya kitamengerjakan sesuatu sendiri tanpa bantuan orang lain,itu dinamakan individu.tapi setiap individu tidak dapat  hidup sendiri pasti sesuatu saat nantiperlu bantuan orang lain yang menolongnya.misalnya pada saat kita sakit kita tidakmungkin melakukan semuanya sendiri pasti harus dibantu oleh dokter untuk memeriksa kita dan dibantu oleh suster untuk menjaga kita memenuhi kebutuhan kita selama dirumah sakit.itu sebabnya individu/manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan oranglain.

Keluarga adalah lingkungan dimana terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.keluarga terdiri dari ayah,ibu dan anak keluarga juga sangat berpengaruh dalam tahap perkembangan anak karena anakitu lahir dan diajarkan hidup lewat keluarga mulai diajari makan,minum dan berbicara.

Fungsi keluaga untuk perkembangan anak:

1.fungsi pendidikan

Dimana anak disekolahkan oleh orang tuanya untukmendapatkan pendidikan yang layak dan dilingkungan sekolah anak mulai beradaptasi dengan teman-temannya dan orang tua disekolahnya yaitu bapak/ibuguru

2.fungsi sosialisasi

Dimana anak mulai beradaptasi dilingkungan tempat tinggalnya,mulai dari bermain dengan teman sekitarnya dan bersosialisasi dengan yang lainnya.sedangkan tugas orang tua memperhatikan anakagar tidak terjadi apa-apa dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

3.fungsi perlindungan

Dimana anakmendapat perlindungan dari orang tuanya saat beradaptasi dilingkungan sekitarnya dan itu tugas orang tua untukmemperhatikan perkembangan anak.

4.fungsi perasaan

Dimana anak mempunyai perasaan untukberadaptasi dengan lingkungan sekitarnya dan tugas orang tua menjaga perasaan itu agar anak dengan mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

5.fungsi agama

dimana anakmulai belajar yang bersifat relegius agar berguna dimasa depannya nanti agar tidak terjerumus dengan hal yang bertentangan nilai agama.

Tugas masing – masing anggota keluarga:

1.ayah

Ayah mempunyai peran yang penting dalam keluarga karena ayah bisa disebut juga dengan dengan kepala kelurga karena ayah harus mencari nafkah untuk keluarganya.walaupun ayah bekerja setiap hari bekerja mencari nafkah bukan berarti ayah tidak mengetahui perkembangan anaknya,salah satu caranya dengan melihat perkembangan anak disekolah dengan melihat nilai akademik anak.

2.ibu

Ibu mempunyaiperan yang penting sama seperti ayah dalam keluarga,khususnya dirumah karena ibu bertugas memenuhi kebutuhan ayah dan memperhatikan perkembangan anak mulai dari lingkungan tempat tinggal sampai sekolah agar anak berkembang dengan baik.

3.anak

Tugas anak adalah menjaga nama baikkeluarga,ketika beradaptasi mulai dari lingkungannya dan sekolah dan tugas anak belajar untuk kepentingannya dimasa yang akaan datang.

Masyarakat adalah sekelompokorang yang membentuk sebuah lingkungan sebagai interaksi yang terjadi antara individu satu dengan individu yang lain.masyarakat juga sangat berperan penting dalam proses perkembangan/adaptasi individu karena dimasyaratlah individu beradaptasi dengan orang banyak dan sangat bertoleransi dan saling tolong menolong sesama manusia.

Tentang akbarchairul

im big
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s