softskill

1.PEMUDA DAN SOSIALISASI

PEMUDA DAN SOSIALISASI

 

Pemuda adalah generasi penerus dari generasi terdahulu. Anggapan itu merupakan beban moral yang ditanggung bagi pemuda untuk memenuhi tanggung jawab yang diberikan generasi tua. Selain memikul beban tersebut pemuda juga dihadapkan persoalan-persoalan diantaranya kenakalan remaja, ketidak patuhan pada orang tua/guru, kecanduan narkotika, frustasi, masa depan suram, keterbatasan lapangan kerja dan masalah lainnya. Seringkali pemuda dibenturkan dengan “nilai” yang telah ada jika mereka berkelakuan di luar nilai tersebut.
Munculnya jurang pemisah antara generasi muda dan generasi tua merupakan akibat dari benturan dua kebudayaan yaitu tradisional dan modern. Dimana budaya tradisional itu dianut oleh generasi tua yang terdahulu dan budaya modern dikembangkan oleh generasi muda yang telah tercium arus globalisasi dengan tujuan untuk mengadakan perubahan-perubahan yang lebih baik dari generasi orang tua. Perkembangan dengan tidak adanya kematangan/kedewasaan mental dan arahyang baik maka dapat menimbulkan masalah seperti pada penyalahgunaan telephon genggam (mobile phone) atau sering juga disebut HP, dengan adanya pembaharuan-pembaharuan dari alat komunikasi ini menjadikan fungsi HPmenjadi barang prestise dalam pergaulan anak muda jika tidak menggunakan HP model baru dapat dikatakan “kuno” atau “ketinggalan jaman”. Selain itu semakin canggihnya fungsi HP yang dapat digunakan mengambil foto dan merekam gambar yang bergerak sering kali dipersalah gunakan untuk merekam gambar dan film porno.

Orang tua mempunyai kebiasaan dalam mendidik anak yaitu dengan menurunkan nilai-nilai budaya dan penerusan kebiasaan mereka. Dewasa ini pemuda seringkali mengambil langkah sendiri dalam menjalani hidupnya tanpa menghiraukan pendidikan yang diberikan orang tuanya. Hal ini dikarenakan adanya anggapan dari pemuda bahwa apa yang diberikan oleh orang tua adalah suatu hal yang kuno. Adanya perbedaan situasi kehidupan dan banyaknya perubahan-perubahan yang terjadi memposisikan pendidikan yang diberikan orang tua sudah ketinggalan jaman. Selain itu lebih tingginya pendidikan anak dari orang tuamemberikan keyakinan bahwa anak dapat memutuskan jalan hidupnya sendiri karena mereka merasalebihmengerti dan tahu bagaimana menjalani hidupnya sendiri.

Permasalahan ini adalah pemasalahangenerasi yang merupakan suatu masalah masyarakat yang di kenal sejak dulu kala. Yang dipermasalahkan adalah nilai-nilai masyarakat. Bagaimana serasi atau kurang serasi hubungan ini akan tampak dalam saat-saat kritis. Pada umumnya dapat dikatakan bahwa masalah antar generasi mencerminkan kebudayaan itu sendiri. Dengan demikian, bagaimana penyelesaian masalah itu sendiri juga mencerminkan kebudayaan masyarakat itu. Permasalahan ini menurut para ahli paedagogi social bahwa masalah antar generasi tidak terdapat di masyarakat tradisional. Dapat dikatakan bahwa masalah antar generasi merupakan suatu masalah modern. Adapun inti pokok adalah bahwa dalam masyarakat sistem tertutup/tradisional, pembinaan dan proses pendewasaan terjadi secara kontinyu, di awasi oleh social control masyarakat.

Suatu masyarakat akan mengalami stabilitas social apa bila “prosesproduksi generasi” berjalan dengan baik, sehingga terbentuk personifikasi, identitas-identitas dan solideritas sebagaimana diharapkan oleh generasi sebelumnya.

Pengertian pemuda/generasi muda sebagaimana yang dimaksudkan dengan pembinaan generasi muda dan dilaksanakan dalam repelita IV adalah :

1)Dilihat dari segi biologis, terdapat istilah :

Bayi :0 – 1tahun

Anak :1 – 12 tahun

Remaja : 12 – 15 tahun

Pemuda : 15 – 30 tahun

Dewasa : 30 tahun keatas

2)Dilihat dari segi budaya atau fungsional dikenal dengan istilah

Anak:0 – 12 tahun

Remaja: 12 – 18 tahun – 21 tahun

Dewasa: 18 – 21 tahun ke atas

(sumber:www.google.com”pandu’s zone”)

Namun belakangan ini bayak para pemuda indonesia yang saat ini telah rusak moralnya akibat pergaulan bebas.salah satunya banyak pemuda kita melakukan hal yang sangat membahayakan oranglain contohnya tawuran,minum-minuman keras dan melakukan hal yang bersifat negatif.contohlain yang baru-baru ini adalah kasus video assusila.yang berdampak besar bagi para remaja/pemuda.karna dengan adanya video asusila tersebut banyak di berbagai daerah terjadi tindakan kriminalitas berupa kekerasan sexual dan banyak orang tua yang khawatir dengan adanya kasus video asusila tersebut karena orang tua khawatir agar berdampak buruk kepada anaknya.dan itulah salah satu contoh yang sangat berdampak buruk bagi para pemuda generasi sekarang.

Lembaga LSM menyatakan bahwa tindakan kriminalitas terus meningkat dengan adanya kasus tersebut dan presiden SBY juga sangat kecewa dan sangat menyesalkan atas peristiwa tersebut dan berita tersebut juga sampai ke media asing dan itu sangat memalukan bagi seluruh warga indonesia.dan presiden SBY juga berharap tidak akan terulang lagi peristiwa tersebut karna akan berdampak buruk bagi generasi bangsa.

Dan itulah salah satu contoh kasus yang sangat berdampak buruk bagi para pemuda sekarang.dan juga dibutuhkan partisipasi orang tua dan lingkungan di sekitarnya agar para pemuda generasi sekarang tidak terjerumus kedalam tindakan yang sangat berbahaya buat dia sendiri,keluarga dan lingkungan sekitarnya dan supaya para pemuda generasi sekarang bisa memberikan yang terbaik buat bangsa indonesia dimasa yang akan datang.

 

 

2.Warga negara dan Negara

Kewarganegaraan merupakan keanggotaan seseorang dalam satuan politik tertentu yang dengannya membawa hak untuk berpartisipasi dalam kegiatan politik. Seseorang dengan keanggotaan yang demikian disebut warga negara. Seorang warga negara berhak memiliki paspor dari negara yang dianggotainya.

Kewarganegaraan merupakan bagian dari konsep kewargaan. Di dalam pengertian ini, warga suatu kota atau kabupaten disebut sebagai warga kota atau warga kabupaten, karena keduanya juga merupakan satuan politik. Dalam otonomi daerah, kewargaan ini menjadi penting, karena masing-masing satuan politik akan memberikan hak (biasanya sosial) yang berbeda-beda bagi warganya.

Kewarganegaraan memiliki kemiripan dengan kebangsaan. Yang membedakan adalah hak-hak untuk aktif dalam perpolitikan. Ada kemungkinan untuk memiliki kebangsaan tanpa menjadi seorang warga negara (contoh, secara hukum merupakan subyek suatu negara dan berhak atas perlindungan tanpa memiliki hak berpartisipasi dalam politik). Juga dimungkinkan untuk memiliki hak politik tanpa menjadi anggota bangsa dari suatu negara.

Di bawah teori kontrak sosial, status kewarganegaraan memiliki implikasi hak dan kewajiban. Dalam filosofi “kewarganegaraan aktif”, seorang warga negara disyaratkan untuk menyumbangkan kemampuannya bagi perbaikan komunitas melalui partisipasi ekonomi, layanan publik, kerja sukarela, dan berbagai kegiatan serupa untuk memperbaiki penghidupan masyarakatnya. Dari dasar pemikiran ini muncul mata pelajaran Kewarganegaraan yang diberikan di sekolah-sekolah.

 

Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara

Berikut ini adalah beberapa contoh hak dan kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama satu sama lain tanpa terkecuali. Persamaaan antara manusia selalu dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari.
Namun biasanya bagi yang memiliki banyak uang atau tajir bisa memiliki tambahan hak dan pengurangan kewajiban sebagai warga negara kesatuan republik Indonesia.

A. Contoh Hak Warga Negara

  1. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum
  2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
  3. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan
  4. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai
  5. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran
  6. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh
  7. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku

(sumber:google.com”I-one” IWAN S)

Salah satu kewajiban kita adalah menjaga kedaulatan bangsa jangan sampai kita terusik/terjajah lagi oleh bangsa lain.dan menjaga budaya bangsa dan melestarikan budaya kita agar budaya kita tidak diambil/diakui oleh negara lain.salah satu contohnya adalah budaya kita yang diklaim oleh malaysia.dan peristiwa itu sering terjadi dan sangat menggangu kedaulatan kita.banyak budaya kita yang diakui oleh malaysia seperti:reog.batik,tari kecak,anglung DLL.dan kita sebagai warga negara yang baik harus menaga aset bangsa agar tidak berpindah tangan ke negara lain.

Dan kewajiban lainnya adalah dengan membayar pajak untu pembangunan infrastuktur ngara seperti:pembangunan jalan.pembangunan rumah untuk warga miskin,biaya pendidikan,kesehatan DLL. Namun belakangan ini uang kita berikan untuk membayar pajak diambil oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan mementingan kepentingan pribadi di bandingan rakyat,salah satu contoh kasus gayus tambunan yang mngambil uang pajak untuk kepntinganya sendiri.walau kasusnya telah terungkap,namun gayus mengaku bahwa banyak orang pajak yang seperti dirinya,dan itu membuat masyarakat khawatir akan uang mereka yang mereka bayar buat pajak tapi diambil orang pajak seperti gayus.uang yang seharusnya dipakai buat kesejahteraan rakyat tapi diselewengan untu kepentingan pribadi

Dan itulah beberapa contoh hal yang sangat tidak baik buat bangsa indonesia dan semoga tidak terjadi lagi peristiwa tersebut di lain waktu.kita sebagai warga negara wajib menjaga negara kita tercinta indonesia.warga negara yang baik adalah warga negara yang bertanggung jawab dengan apa yang terjadi pada negaranya bukan dengan menghancurkan negaranya dengan tindakan yang berdampak buruk buat negara tersebut.kalau kita flasback ke belakang bagaimana perjuangan para pahlawan bangsa kita yang melawan penjajah,yang berani mati,berani kelaparan agar negara kita ini bisa merdeka.namun bangsa kita saat ini seperti masih diajah karna banya bangsa kita yang masih hidup dibawah garis kemiskinan.lalu bangsa kita masih tergantung oleh negara lain.lalu banyak para pejabat bangsa ini yang hanya mementingkan dirinya sendiri,bukan memikirkan rakyatnya yang kelaparan.ada pepatah mengatakan:”yang kaya makin kaya,yang miskin makin miskin”

Itulah cermin negara kita yang kacau balaw,banyak rakyat yang hidup miskin,sementara banyak pejabat kita yang hidup bermewahan,oleh sebab itu marilah kita bangun negara ini agar lebih bai lagi,rakyak hidup sejahtera bukan dengan kesensaraan,marilah kita bangun bangsa ini untu anak,cucu kita di masa depan.

 

 

3.MASYARAKAT PERKOTAAN DAN PERDESAAN

Melihat dari berbagai aspek yang ada, baik kita lihat secara langsung ataupun melalui media informasi, baik cetak maupun media elektronik, bahwa betapa fenomena hidup yang ada dipedesaan mulai mengalami pergeseran nilai, norma serta adat istiadat yang tidak lagi dihiraukan oleh banyak penduduk desa yang ingin merasa kehidupannya berubah, baik ekonomi maupun status sosialnya.

Serta fenomena kehidupan perkotaan yang mempunyai motto hidup “Biar tekor asal Tersohor” menjadi sebuah gaya hidup serba boleh, walaupun itu melabrak norma-norma hukum lebih-lebih norma agama.

Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.

Masyarakat (society) merupakan istilah yang digunakan untuk menerangkan komuniti manusia yang tinggal bersama-sama. Boleh juga dikatakan masyarakat itu merupakan jaringan perhubungan antara pelbagai individu. Dari segi perlaksaan, ia bermaksud sesuatu yang dibuat – atau tidak dibuat – oleh kumpulan orang itu. Masyarakat merupakan subjek utama dalam pengkajian sains sosial.

Perkataan society datang daripada bahasa Latin societas, “perhubungan baik dengan orang lain”. Perkataan societas diambil dari socius yang bererti “teman”, maka makna masyarakat itu adalah berkait rapat dengan apa yang dikatakan sosial. Ini bermakna telah tersirat dalam kata masyarakat bahawa ahli-ahlinya mempunyai kepentingan dan matlamat yang sama. Maka, masyarakat selalu digunakan untuk menggambarkan rakyat sesebuah negara.

Walaupun setiap masyarakat itu berbeza, namun cara ia musnah adalah selalunya sama: penipuan, pencurian, keganasan, peperangan dan juga kadangkala penghapusan etnik jika perasaan perkauman itu timbul. Masyarakat yang baru akan muncul daripada sesiapa yang masih bersama, ataupun daripada sesiapa yang tinggal.

A. Definisi Masyarakat

Dalam Bahasa Inggris disebut Society, asal katanya Socius yang berarti “kawan”. Kata “Masyarakat” berasal dari bahasa Arab, yaitu Syiek, artinya “bergaul”. Adanya saling bergaul ini tentu karena ada bentuk – bentuk akhiran hidup, yang bukan disebabkan oleh manusia sebagai pribadi melainkan oleh unsur – unsur kekuatan lain dalam lingkungan sosial yang merupakan kesatuan

B. Masyarakat Pedesaan (masyarakat tradisional)

a. Pengertian desa/pedesaan

Yang dimaksud dengan desa menurut Sutardjo Kartodikusuma mengemukakan sebagai berikut: Desa adalah suatu kesatuan hukum dimana bertempat tinggal suatu masyarakat pemerintahan tersendiri.

Menurut Bintaro, desa merupakan perwujudan atau kesatuan goegrafi ,sosial, ekonomi, politik dan kultur yang terdapat ditempat itu (suatu daerah), dalam hubungan dan pengaruhnya secara timbal balik dengan daerah lain.

(sumber:http://www.gudangmateri.com)

Masyarakat perkotan cenderung lebih maju dalam pertumbuhan ekonomi dibandingkan dengan masyarakat perdesaan itu disebabkanbanyak pengusaha lebih memilih perkotaan dibandingkan perdesaan lalu masyarakat perkotaan lebih hidup dengan gaya mewah karena segala keinginan kita akan mudah tercapai diperkotaan dibandingkan perdesaan,lalu perbedaan lain yang sangat menonjol adalah banyaknya bangunan mewah,kantor pemerintahan DLL.dan itu berbanding terbalik dengan pembangunan perdesaan kalau kita lihat diperdesaan lebih banyak sawah,kebun DLL,dan itu yang membuat mayarakat perdesaan banyak yang mengadu nasib ke jakarta.

Namun orang beranggapan bahwa hidup diperkotaan selalu menyenagkan,tetapi tidak selamanya hidup di kota enak,karena banyak masyarakat perdesaan yang datang kejakarta hanya dengan modal nekad,tanpa adanya keterampilan ujung-ujungnya mereka hanya menjadi pengemis,pedagang,dan buruh bangunan dan tingkat kriminalitas di perkotaan lebih tinggi dibandingkan di perdesaan ada pepatah yang mengatakan”ibukota lebih kejam dari ibu tiri”anggapan itu benar adanya karena hidup di jakarta banyak tangtangannya karena banyak orang melakukuan segala cara untuk bisa bertahan hidup di jakarta salah atunya melakukan hal yang bersifat negatif

Sedangkan diperdesaan hidup lebih sederhana namun kebutuhan diperdesaan tidak selamanya ada dibandingkan dengan perkotaan yang dengan mudah kita bisa mendapat sesuatu dengan gampang dan itulah alah satu perbedaan yang angat menonjol antara masyarat perdesaan dengan perkotaan namun tak selamanya di perdesaan itu sensara/susah karena serba terbatas dalam kebutuhan dibandingkan diperkotaan.dan saya berharap pemerintah bisa memajukan masyarakat perdesaan jangan hanya masyarakat perkotaan saja.agar pertumbuhan ekonomi keduanya seimbang karena akan berdampak baik untuk masyarakat itu sendiri.

 

4.PENDUDUK,MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN

Peningkatan jumlah penduduk/kelebihan penduduk karena kemampuan khususnya ilmu kedokteran, sehingga kesehatan penduduk lebih terjamin dan tingkat kematian bayi rendah. Akibatnya langsung ke masyarakat dengan banyaknya pengangguran dan secara tidak langsung mengakibatkan timbulnya banyak kriminalitas. Kelebihan penduduk yang;
Absolut: bila suatu daerah dalam waktu tertentu tidak dapatØ memberikan kebutuhan hidup bagi manusia yang berdomisili di wilayah tersebut.
Relatif: bila suatu daerah dalam waktu tertentu kebutuhan hidup yangØ ada sudah tidak sesuai lagi dengan kemajuan ekonomi dan perkembangan sosial.

Kekurangan penduduk berusia muda, sebagai generasi penerus (dialami negara-negara Eropa barat), biasanya di sebabkan oleh lebih mengutamakan pekerjaan/karir dan mampu menyeimbangkan jumlah penduduk.

Selain itu juga ada juga beberapa faktor yang menyebabkan kepadatan penduduk khusus nya pada ibu kota dan tempat – tempat tertentu, salah satunya yaitu :

Urbanisasi (migrasi dari desa ke kota) walaupun urutannya sangat kecil, namun dapat mempengaruhi pola distribusi penduduk secara keseluruhan.Para urbanit kebanyakan terdiri dari golongan umur muda yang sangat produktif serta banyak inisiatifnya.Sebagian akibat dari penduduk yang rata-rata masih muda tersebut memungkinkan pertumbuhan penduduk yang pesat di kota, dan bagi pembangunan desanya sedikit banyak akan mempengaruhi kelancaran.

Pendidikan dan kesehatan di negara-negara berkembang

Kurangnya pendidikan bagi anak usia sekolah sebab kemiskinan, terikat dalam kerja rumah tanngga, kekurangan bangunan sekolah dan pengajar, dan tidak memiliki sekolah dasar. Kesehatan, banyak penyakit yang di derita masyarakatnya seperti; kebutaan dan animea, tuberkulosis, cacingan, polioyelitis, lepra, dan kekurangan gizi misalnya; kekurangan vitamin A, kurang protein hewani.

Masalah Penduduk

Studi internasional tentang batas-batas akhir pertumbuhan dunia (The Limit to Growth) yang mempelajari tentang 5 unsur dominan:
1) Penduduk makin bertambah
2) Pesatnya industrialisasi
3) Produk pertanian
4) Makin habis sumber-sumber alam yang tak tergantikan
5) Makin rusak alam lingkungan

Langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi penduduk dunia:

  1. Menyeimbangkan jumlah penduduk
  2. Konsumsi sumber alam dan pembangkitan polusi harus dikurangi
  3. Penyelenggaraan pendidikan dan pengadaan fasilitas kesehatan
  4. Peningkatan produksi bahan pangan
  5. Penyuburan dan perlindungan tanah untuk mencegah erosi

Rapat penduduk adalah perbandiangan antara jumlah orang dengan tanah yang didiami (diolah) dalam satuan luas. Satuan luas untuk daerah rurai (desa) adalah hektare/kilometer persegi, sedangkan untuk daerah urban (kota) satuannya adalah meter persegi. Kegunaan untuk mengetahui rapat penduduk; untuk mengetahui ada tidaknya gejala overpopulation, untuk mengetahui pusat-pusat aglomenrasi (pengelompokan) penduduk, untuk mengetahui penyebaran dan pusat-pusat kegiatan ekonomi maupun pusat budaya. Terjadinya kelebihan dan kekurangan penduduk pada beberapa wilayah dipengaruhi oleh lokasi, iklim, sumber alam dan transportasi.

Kebijakan Penduduk

Untuk dapat tercapainya kesejahteraan penduduk dalam arti yang luas, terutama keseumbangan antara jumlah penduduk dengan hasil pembangunan.
Usaha-usaha mengimbangi jumlah penduduk;
1. perbaikan kualitas dan kuantitas hasil bumi
2. pemeliharaan sumber-sumber biotik dengan mencegah penyakit tanaman dan hewan
3. memelihara kelangsungan fungsi sumber-sumber alam
4. penambahan hasil pertanian dengan mengubah tanah improduktif menjadi produktif

Usaha-usaha yang dilakukan kebijaksanaan kependudukan adalah ekstensifikasi pertanian dan intensifikasi pertanian. Intensifikasi dilakukan pada daerah tidak memungkinkan terjangkaunya perluasan pertanian.

Pendidikan kependudukan untuk mengubah cara berpikir dari tradisional statis menuju cara berpikir yang rasional dinamis.

melakukan transmigrasi, yaitu adalah perpindahan penduduk dari daerah padat ke daerah yang tidak padat penduduknya. Transmigrasi ada 4, yaitu; transmigrasi umum, transmigrasi sektoral, transmigrasi spontan dan transmigrasi bedol desa. Penyebaran industrialisasi: pembangunan industri yang menyebar keseluruh wilayah Indonesia sehingga mendorong pembangunan masing-masing daerah. Keluarga berencana untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutam ibu dan anak dan mengurangi laju pertambahan penduduk sehingga seimbang antara jumlah penduduk dengan produksi nasional. Usaha keluarga berencana, meliputi; menjarangkan kelahiran, pengobatan kemandulan dan nasihat pernikahan.

(sumber:www.google.com”ACHMAD SAUGI)

Penduduk,masyarakat,dan kebudayaan sangat erat hubungannya.salah satu penduduk/masyarakat dierdesaan cenderung sederhana dan mempunyai kebudayaan yang masih melekat/dilestarikan dibandingkan\dengan kota-kota besar seperti Jakarta yang lebih melestarikan kebudayaan modern dan menyingkirkan kebudayaan tradisional karena kalau kita kedaerah perdesaan banyak penduduk/masyarakat yang masih hidup dengan keadaan yang sederhana dan banyak kebudayaan diperdesaan yang masih dilestarikan/dipertahankan itu sebabnya banyak pertunjukan seni yang bersifat tradisional seperti:pertunjukan wayang kulit,wayang golek,tari jaiong DLL.

Lalu kita bandingkan dengan hiburan yang ada di kota(Jakarta)kita sering melihat pertunjukan band,dan pertunjukan yang bersifat modern.sebab jarang atau tiidak pernah kita melihat lagi pertunjukan tradisional di kota besar seperti Jakarta dan itulah yang sangan berdampak buruk bagi kebudayaan bangsa dimasa yang akan datang tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti banyak kebudayaan telah hilang atau punah karena tidak kita lestarikan oleh sebab itu marilah kita jaga/lestarikan budaya bangsa agar tetap selalu ada.bukan salah Negara lain yang mengambil budaya kita tapi salah kita yang tidak melestarikan/menjaga peninggalan budaya kita.apabila kita menjaga dan melestarikan tidak akan ada Negara lain yang engambil budaya kita.

 

5.INDIVIDU,KELUARGA,MASYARAKAT

Individu adalah unit terkecil dalam pembentukan masyarakat.dalam ilmu social individu berarti juga bagian terkecil darikelompok.contohnya kitamengerjakan sesuatu sendiri tanpa bantuan orang lain,itu dinamakan individu.tapi setiap individu tidak dapat  hidup sendiri pasti sesuatu saat nantiperlu bantuan orang lain yang menolongnya.misalnya pada saat kita sakit kita tidakmungkin melakukan semuanya sendiri pasti harus dibantu oleh dokter untuk memeriksa kita dan dibantu oleh suster untuk menjaga kita memenuhi kebutuhan kita selama dirumah sakit.itu sebabnya individu/manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan oranglain.

Keluarga adalah lingkungan dimana terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.keluarga terdiri dari ayah,ibu dan anak keluarga juga sangat berpengaruh dalam tahap perkembangan anak karena anakitu lahir dan diajarkan hidup lewat keluarga mulai diajari makan,minum dan berbicara.

Fungsi keluaga untuk perkembangan anak:

1.fungsi pendidikan

Dimana anak disekolahkan oleh orang tuanya untukmendapatkan pendidikan yang layak dan dilingkungan sekolah anak mulai beradaptasi dengan teman-temannya dan orang tua disekolahnya yaitu bapak/ibuguru

2.fungsi sosialisasi

Dimana anak mulai beradaptasi dilingkungan tempat tinggalnya,mulai dari bermain dengan teman sekitarnya dan bersosialisasi dengan yang lainnya.sedangkan tugas orang tua memperhatikan anakagar tidak terjadi apa-apa dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

3.fungsi perlindungan

Dimana anakmendapat perlindungan dari orang tuanya saat beradaptasi dilingkungan sekitarnya dan itu tugas orang tua untukmemperhatikan perkembangan anak.

4.fungsi perasaan

Dimana anak mempunyai perasaan untukberadaptasi dengan lingkungan sekitarnya dan tugas orang tua menjaga perasaan itu agar anak dengan mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

5.fungsi agama

dimana anakmulai belajar yang bersifat relegius agar berguna dimasa depannya nanti agar tidak terjerumus dengan hal yang bertentangan nilai agama.

Tugas masing – masing anggota keluarga:

1.ayah

Ayah mempunyai peran yang penting dalam keluarga karena ayah bisa disebut juga dengan dengan kepala kelurga karena ayah harus mencari nafkah untuk keluarganya.walaupun ayah bekerja setiap hari bekerja mencari nafkah bukan berarti ayah tidak mengetahui perkembangan anaknya,salah satu caranya dengan melihat perkembangan anak disekolah dengan melihat nilai akademik anak.

2.ibu

Ibu mempunyaiperan yang penting sama seperti ayah dalam keluarga,khususnya dirumah karena ibu bertugas memenuhi kebutuhan ayah dan memperhatikan perkembangan anak mulai dari lingkungan tempat tinggal sampai sekolah agar anak berkembang dengan baik.

3.anak

Tugas anak adalah menjaga nama baikkeluarga,ketika beradaptasi mulai dari lingkungannya dan sekolah dan tugas anak belajar untuk kepentingannya dimasa yang akaan datang.

Masyarakat adalah sekelompokorang yang membentuk sebuah lingkungan sebagai interaksi yang terjadi antara individu satu dengan individu yang lain.masyarakat juga sangat berperan penting dalam proses perkembangan/adaptasi individu karena dimasyaratlah individu beradaptasi dengan orang banyak dan sangat bertoleransi dan saling tolong menolong sesama manusia.

 

 

Nama : CHAIRUL AKBAR

NPM : 21410539

Kelas :1 IC 04

Tentang akbarchairul

im big
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s