demokrasi:antara teori,dan pelaksanaanya di indonesia

Demokrasi: antara teori dan pelaksanaanya di indonesia

 

A.pengantar:arti,makna,dan manfaat demokrasi

            Demokrasi berasal dari kata yunani demos dan kratos.demos artinya rakyat,kratos berarti pemerintahan.jadi,demokrasi berarti pemerintahan rakyat,yaitu pemerintahan yg rakyatnya memegang peranan yg sangat menentukan.

            Dalam the advanced learners dictionary of current english dikemukan bahwa kata demokrasi merujuk pada konsep kehidupan negara atau masyarakat.di mana warga negara dewasa turut berpartisipasi dalam pemerintahan melalui wakilnya yg dipilih melalui pemilu.

Manfaat demokrasi

Manfaat demokrasi di antaranya adalah sebagai berikut:

1.kesetaraan sebagai warga negara

Demokrasi bertujuan memperlakukan semua orang adalah sama dan sederajat,prinsip kesetaraan tidak hanya menuntut bahwa kepentingan setiap orang harus di perlakukan sama.

2.memenuhi kebutuhan-kebutuhan umum

Pemerintah yg demokratis lebih mungkin untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan rakyat biasa.semakin besar suara rakyat semakin pula kemungkinan kebijakan mencerminkan keinginan dan aspirasi-aspirasi rakyat.

3.pluralisme dan kompromi

Demokrasi mengisaratkan kebinekaan dan kemajemukan dalam masyarakat maupun kesamaan kedudukan di antara para warga negara.

4.menjamin hak-hak dasar

Kebebasan berbicara,berekspresi,hak beserikat dan berkumpul hak bergerak dan hak mendapatkan perlindungan atas keselamatan diri.hak-hak itu memungkinkan pengembangan diri setiap individu dan memungkinkan terwujudnya keputusan-keputusan kolektif yg lebih baik.

5.pembaruan kehidupan sosial

Demokrasi memungkinkan terjadinya pembaruan kehidupan sosial.

B.nilai-nilai demokrasi

Kehidupan demokrasi tidak akan datang,tumbuh dan berkembang dengan sendirinya dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara.demokrasi memerlukan usaha nyata setiap warga negara dan perangkat pendukungnya dan dijadikan demokrasi sebagai pandangan hidup.

1.kesadaran akan pluralisme.masyarakat yg hidup demokrasi harus menjaga keragaman yg ada di masyarakat.demokrasi menjamin keseimbangan hak dan kewajiban setiap warga negara.

2.sikap yg jujur dan pikiran yg sehat.pengambilan keputusan dalam demokrasi membutuhkan kejujuran,logis atau berdasarkan akal sehat dan tercapainya dengan sumber daya yg ada.

3.demokrasi membutuhkan kerja sama antar warga masyarakat dan sikap serta itikad baik.demokrasi membutuhkan kerjasama antar anggota masyarakat untuk mengambil keputusan yg disepakati semua pihak masyarat.

4.demokrasi membutuhkan sikap kedewasaan.semangat demokrasi menuntut kesediaan masyarakat untuk memberikan kritikan yg membangun,di sampaikan dengan cara yg sopan dan bertanggung jawab.

5.demokrasi yg membutuhkan pertimbangan moral.demokrasi memerukan pertimbangan moral atau keluruhan akhlak menjadi acuan dalam berbuat dan mencapai tujuan.

C.Prinsip dan parameter demokrasi

Menurut Robert A.dahl terdapat tujuh prinsip demokrasi yg harus ada dalam system pemerintahan yaitu:

1.adanya control atau kendali atas keputusan pemerintah dalam hal ini presiden ,kabinet dan pemerintah daerah bertugas melaksanakan pemerintahan berdasarkan mandate yg diperoleh dari pemilu.

2.adanya pemilihan yg teliti dan jujur.demokrasi dapat berjalan dengan baik apabila adanya partisipasi dari warga Negara.

3.adanya hak memilih dan di pilih.demokrasi berjalan apabila setiap warga Negara mendapat hak pilih dan di pilih.

4.adanya kebebasan menyatakan pendapat tanpa ancaman

5.adanya kebebasan mengakses informasi

6.adanya kebebasan berserikat dan terbuka,

Kebebasan berserikat dan berpolitik juga sudah di jamin undang-undang.UU nomor 21 tahun 2001 dan UU nomor 13 tahun 2003 menjamin kebebasan warga Negara untuk berserikat dan berkumpul.prinsip hak di pilih dan memilih juga sudah di kembangkan.

Untuk mengukur seberapa jauh kadar demokrasi sebuah Negara,di perlukan suatu ukuran atau parameter.parameter untuk mengukur demokrasi dapat dilihat dari empat hal:

1.pembentukan pemerintahan melalui pemilu.terbentuknya suatu pemerintahan dilakukan dalam sebuah pemilihan umum.

2.sistem pertanggung jawaban pemerintah.pemerintah yg di hasilkan dari pemilu harus mempertanggung jawabkan kinerja secara transparan

3.pengaturan system dan distribusi kekuasaan Negara.kekuasaan Negara dijalankan secara distribusif utk menghindari penumpukan kekuasaan dalam satu tangan.

4.pengawasan oleh rakyat.demokrasi membutuhkan system pengawasan oleh rakyat terhadap jalannya pemerintahan.

D.Jenis-jenis demokrasi

Pada bagian ini akan di bahas jenis-jenis demokrasi .demokrasi ada beberapa jenis yg di sebabkan perkembangan dalam peleksanaan di berbagai kondisi dan tempat.

1.demokrasi berdasarkan cara menyampaikan pendapat

a.demokrasi langsung

dalam demokrasi langsung rakyat diikut sertakan dalam proses pengambilan keputusan untuk menjalankan kebijakan pemerintah.

b.demokrasi tidak langsung

demokrasi ini di jalankan oleh rakyat melalui wakil rakyat yg di pilihnya melalui pemilu.aspirasi rakyat di salurkan melalui wakil rakyat yg duduk di lembaga perwakilan raykat.

c.demokrasi perwakilan dengan system pengawasan langsung dari rakyat.demokrasi ini merupakan campuran antara demokrasi langsung dengan demokrasi perwakilan.

Referendum diklasifikasikan menjadi tiga:

1).referendum wajib

Referendum ini dilakukan ketika ada perubahan atau pembentukan norma penting dan mendasar dalam UUD atau UU yg sangat politis.

2).referendum tidak wajib

Referendum ini dilaksanakan jika dalam waktu tertentu setelah rancangan undang-undang diumumkan sejumlah rakyat mengusulkan diadakan referendum

 

 

3).referendum konsultatif

Referendum ini hanya sebatas meminta persetujuan karena rakyat tidak mengerti permasalahannya.

2.demokrasi berdasarkan titik perhatian atau prioritas

a.demokrasi formal

demokrasi ini secara hukum menempatkan semua orang dalam kedudukan yg sama dalam bidang politik,tanpa mengurangi kesenjangan ekonomi.

b.demokrasi material

demokrasi material memandang manusia mempunyai mempunyai kesamaan dalam bidang ekonomi-politik,sehingga persamaan bidang politik tidak menjadi prioritas.

c.demokrasi campuran

demokrasi ini merupakan campuran dari kedua demokrasi di atas.

3.berdasarkan prinsip ideology

a.demokrasi liberal

demokrasi ini memberikan kebebasan pada individu.campur tangan pemerintah di minimalkan bahkan di tolak.

b.demokrasi rakyat

demokrasi ini bertujuan menyejahterakan rakyat Negara yg di bentuk tidak mengenal perbedaan kelas.

4.berdasarkan wewenang dan hubungan antar alat kelengkapan Negara

a.demokrasi system parlementer

1).DPR lebih kuat dari pemerintah

2)kepala pemerintahan disebut perdana mentri dan memimpin kabinet dengan sejumlah menteri yg bertanggung jawab kepada DPR

3).program kebijakan kabinet disesuaikan dengan tujuan politik anggota parlemen

4).kedudukan kepala Negara terpisah dari kepala pemerintahan,biasanya hanya berfungsi sebagai symbol Negara.

5).jika pemerintah dianggap tidak mampu,maka anggota DPR dapat meminta mosi tidak percaya kepada parlemen utk membubarkan pemerintah.

b.demokrasi system presidensial:

1).negara dikepalai oleh presiden

2).kekuasaan esekutif presiden di jalankan berdasarkan kedaulatan yg di pilih dari rakyat langsung atau melalui badan perwakilan

3).presiden mempunyai kekuasaan mengangkat dan memberhentikan menteri

 4).menteri tidak bertanggung jawab kepada DPR melainkan kepada presiden.

E.pelaksanaan demokrasi di indonesia

Dalam perjalan sejarah bangsa,sejak kemerdekan hingga sekarang,banyak pengalaman dan pelajaran yg dapat kita ambil terutama pelaksanaan pelaksanaan demokrasi di bidang politik.ada 4 macam demokrasi di indonesia yaitu : demokrasi liberal,demokrasi terpimpin,dan demokrasi pancasila.

1.demokrasi parlementer(liberal)

Demokrasi perlementer di pemerintahan kita telah di praktekan pada masa berlakunya UUD 1945 periode pertama (1945-1949).kemudian di lanjutkan pada masa berlakunya republik indonesia serikat (RIS) 1949 dan UUDS 1950 pelaksanaan demokrasi parlementer tersebut secara yuridis sudah  berakhir pada tanggal 5 juli 1959 bersamaan dengan pemberlakuaan kembali UUD 1945

2.DEMOKRASI TERPIMPIN

Secara konsepsional demokrasi terpimpin memiliki kelebihan yang dapat mengatasi permasalahan yg dihadapi masyarakat.hal itu dapat di lihat dari ungkapan presiden soekarno ketika memberi amanat kepada konstitute tanggal 22 april 1959 tentang pokok-pokok demokrasi terpimpin antara lain:

1.demokrasi terpimpin bukan diktator

2.demokrasi terpimpin adalah demokrasi yg cocok dengan kepribadian dan dasar hidup bangsa

3.demokrasi terpimpin adalah di segala soal kenegaraan dan kemasyarakatan

4.oposisi dalam arti melahirkan pendapat yg sehat dan yg membangun di haruskan dalam demokrasi terpimpin

 

3.demokrasi pancasila pada era orde baru

 Demokrasi pancasila mengandung arti bahwa dalam menggunakan hak demokrasi haruslah di sertai dengan rasa tanggung jawab kepada tuhan menurut agama dan kepercayaan masing-masing,menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan sesuai dengan martabat dan harkat manusia haruslah menjamin persatuan dan kesatuan bangsa dan harus di manfaatkan untuk mewujudkan keadilan sosial.

Diantara penyimpangan yg dilakukan penguasa orde baru,khususnya yg berkaitan dengan demokrasi pancasila yaitu :

a.penyelenggaraan pemilu yg tidak jujur dan adil

b.pengekangan kebebesan berpolitik bagi PNS

c.maraknya praktik kolusi,korupsi dan nepotisme

d.menteri-menteri dan gubernur diangkat jadi anggota MPR

4.demokrasi langsung pada  era orde reformasi

Demokrasi yg dijalankan pada masa reformasi ini masih tetap demokrasi pancasila.perbedaannya terletak pada aturan pelaksanaan dan praktek penyelenggaraan.terdapat beberapa perubahan peleksanaan demokrasi pada orde reformasi yaitu :

a.pemilihan umum lebih demokratis

b.partai politik lebih mandiri

c.pengaturan HAM

d.lembaga demokrasi lebih berfungsi

e.konsep trias politika(3 pilar kekuasaan negara)

tata cara pelaksanaan demokrasi pancasila di landaskan atas mekanisme konstitusional karena penyeranggaraan pemerintah negara republik indonesia berdasarkan konstitusi.

Kegagalan demokrasi pancasila pada zaman orde baru membuat banyak penafsiran mengenai asas demokrasi.belajar dari pengalaman itu,dalam era reformasi perlu penataan ulang dan penegasan kembali arah dan tujuan demokrasi pancasila,menciptakan prasarana dan sarana yg diperlukan bagi pelaksanaan demokrasi pancasila.

F.mengembangkan sikap demokrasi

Untuk mengembangkan sikap demokrasi maka preoses pembelajaran dan pendidikan akan lebih efektif bila dimulai dari dalam keluarga dan dalam dunia pendidikan formal.

Berikut ini adalah panduan yg dapat membantu orang tua menanamkan nilai-nilai demokrasi dalam diri anak:

1.memberikan perhatian yg serius pada anak yg sedang berusaha menyampaikan perasaan,pendapat,atau cerita dengan cara memandangnya dan jgn sampai memutuskan pendapat sebelum anak selesai menyampaikan pendapatnya.

2.mengusahakan menjadi pembicara yg baik

3.memberikan kesempatan memperbaiki sebelum memberikan sangsi sebelum memberikan hukuman berikan kesempatan pada anak untuk menjelaskan duduk permasalahanya

4.menghormati anak.anak-anak harus di hormati dan menghindari kesan memerintah dalam meminta si anak untuk melakukan sesuatu.

5.melibatkan anak dalam pengambilan keputusan.

Untuk pembelajaran demokrasi di sekolah dan perkuliahan maka ada beberapa hal yg perlu di perhatikan guru dan dosen yaitu:

1.menjadi siswa dan mahasiswa sebagai subjek atau teman dalam proses belajar dan perkulihaan.

2.sebagai pendidik baik guru maupun dosen,sebaiknya belajar untuk berlapang dada dalam menerima kritik murid.

3.Guru dan dosen mengembangkan sikap adil,terbuka,konsisten,dan bijaksana dalam memberikan hukuman kepada kepada murid dan mahasiswa yg bersalah.

4.guru dan dosen sebaiknya menghindari mencaki-maki atau memarahi marid dan mahasiswa di hadapan teman-temanya karena harga diri mereka akan terkoyak.

Hal-hal yg perlu di perhatikan oleh siswa dan mahasiswa adalah sebagai berikut:

1.aktif mengungkap ide,gagasan,dan pikirannya kepada guru dan dosen

2.siswa dan mahasiswa mempunyai motivasi agar lebih maju dan dewasa

3.mengembangkan kepekaan terhadap lingkungan

4.mengembangkan perasaan sehingga menjadi halus dan bias memahami orang lain.

 

 

 

Hal-hal yg perlu di perhatikan masyarakat dan pemerintah dalam proses belajar antara lain:

1.mendidik masyarakat untuk bersikap dewasa

2.menggunakan mekanisme demokrasi untuk mencari titik perbedaan pendapat.

3.mendorong sikap satria dengan mengakui kekalahan atau bersikap siap menag dan kalah.

 

Kasus pilkada depok ujian perdana

            Kota depok yg merupakan pintu gerbang DKI pada kamis(4/8) di buat gelisah dengan adanya pemberitaan bahwa pengadilan tinggi(PT) jawa barat memenagkan gugatan badrul kamal untuk menjadi wali kota depok dan menggugurkan kemenangan nur mahmudi ismail.masyarakat binggung karena kemenangan yg di anulir pengadilan tidak jelas asal muasalnya.suara badrul kamal tiba-tiba melejit.padahal,dalam pilkada kota depok juni 2005,pasangan nur mahmudi ismail dan yuyun wirasaputra memenangi pilkada tersebut dengan angka 232.610 suara,sedangkan badul kamal – syihabuddin achmad hanya memperoleh suara 206.781 suara.

Banyak kejanggalan

PT jawa barat pada kamis (4/8) membuat keputusan dengan menganulir kemenangan nur mahmudi-yuyun wirasaputra dalam pilkada kota depok dan memenangkan pasangan badrulkamal-syihabuddin dalam putusannya PT jabar memenangkan gugatan yg di ajukan pihak badrul kamal(di ajukan partai golkar dan PKB ) dengan perolehan 269.551suara,sedangkan pasangan nur mahmudi dengan 232.610 suara mengungguli pasangan badrul kamal yg hanya memperoleh 206.781 suara.

Ketua PKS depok prihandoko menuturkan,keputusan PT jabar dikeluarkan lebih dari 14 hari setelah gugatan di ajukan 11 juli lalu sudah menyalahi ketentuan dalam UU

Di samping itu ada keanehan dalam proses peradilan.satu orang anggota majelis hakim yg dinilai vocal tiba-tiba dig anti di tengah proses persidangan.”dan yg juga cukup penting proses peradilan diniai tidak fair,karena tim nur mahmudi tidak di beri kesempatan menyampaikan bukti-bukti.

Terjadi konspirasi

Ketua DPC PKS sukmajaya fuad dalam orasinya mengatakan putusan hakim tersebut mencerminkan adanya indikasi permainan uang.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s